Panduan Cara Pemasangan Atap Garasi Untuk Pemula

Lembar atap menjadi semakin populer untuk digunakan di atap garasi di seluruh negeri, tetapi terbuat dari apa dan bagaimana Anda menyesuaikannya?

Kami telah membuat panduan untuk pemula bagaimana cara memilih lembaran atap garasi untuk membantu Anda memutuskan lembar atap mana yang terbaik untuk garasi Anda dan kami telah memberikan Anda beberapa tips bermanfaat mengenai proses pemasangan.

1. Apa Itu Atap Garasi?

Atap garasi adalah lembaran yang digunakan untuk membuat atap yang tahan cuaca pada garasi dan bangunan lain. Mereka paling sering dipilih untuk atap garasi karena daya tahan, karakteristik ringan dan kemudahan pemasangan.

2. Terbuat Dari Apa Atap Garasi?

Atap garasi terbuat dari berbagai bahan, dan setiap bahan dilengkapi dengan manfaatnya sendiri, jadi penting untuk memilih yang terbaik untuk atap garasi Anda.

Lembaran atap logam

Atap garasi dari logam sangat populer karena kemampuannya menahan kondisi cuaca ekstrem, keterjangkauan dan kemampuan menahan suhu tinggi. Mereka tahan korosi dan tidak terpengaruh oleh karat atau memudar dari waktu ke waktu.

Lembaran atap logam untuk garasi cenderung terbuat dari baja, aluminium, dan seng, dan umumnya dilapisi dengan butiran logam, plastik atau batu lainnya untuk menciptakan hasil akhir yang menyenangkan secara estetika.

Manfaat lain dari atap logam adalah bahwa mereka tidak terpengaruh atau rentan terhadap rayap atau serangga, dan mereka sering dirawat oleh produsen untuk mencegah atau mengurangi pertumbuhan ganggang.

Lembaran atap plastik

Atap plastik garasi adalah salah satu bahan atap garasi paling populer untuk atap yang hemat biaya. Mereka sangat ringan dan dapat disediakan dalam berbagai warna dan gaya, memberikan penyesuaian maksimum untuk atap garasi Anda.

Pilih dari lembaran atap plastik PVC seperti atap upvc rooftop, akrilik, polystyrene, GRP atau atap polikarbonat. tergantung pada garasi yang sedang Anda kerjakan.

Manfaat lain dari lembaran atap garasi plastik adalah dapat anda gunakan layanan custom potongan ukuran terpal untuk mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan.

Lembaran atap garasi plastik polycarbonate sangat populer karena bahannya lebih tahan lama dan tidak mudah rusak atau pecah, sementara tetap mempertahankan sifat ringan yang terkait dengan lembaran atap plastik.

Atau lembaran atap PVC dapat digunakan pada garasi sebagai alternatif untuk lampu atap, dengan lembaran PVC transparan yang memungkinkan sekitar 60% transmisi cahaya.

Lembaran atap aspal

Atap garasi juga dapat dibuat dari bitumen, dari merek seperti atap bitumen onduline dan Coroline, dan ini adalah beberapa lembar atap paling terjangkau yang tersedia. Pemeliharaan rendah dan mudah dipasang, lembaran atap aspal dapat bertahan selama beberapa dekade, tetapi bisa lebih rentan terhadap benturan dan robekan kecil daripada terpal plastik.

Atap fiber semen

Meskipun lebih tradisional digunakan dalam proyek-proyek komersial dan pertanian yang lebih besar, lembaran atap fiber semen juga dapat digunakan pada proyek yang lebih kecil seperti garasi. Disediakan dalam berbagai warna, semen fiber bebas karat, bebas korosi dan busuk, dan lembaran disediakan dalam lembaran yang mudah ditangani, membuat pemasangan menjadi cepat dan sederhana.

3. Apakah Saya Perlu Atap Garasi Bergelombang?

Meski tidak penting, atap bergelombang dapat memberikan berbagai manfaat bagi atap garasi Anda. Bentuk lembaran yang bergelombang menambah kekuatan dan daya tahan pada atap tanpa menambah berat tambahan.

Bentuk bergelombang menghasilkan area permukaan yang lebih besar, yang meningkatkan kemampuan untuk menahan tikungan yang dapat disebabkan oleh benda yang jatuh, dan lebih banyak perlindungan dari badai dan cuaca buruk.

Selain itu, bentuk bergelombang memungkinkan air hujan mengalir dengan mudah dan merata, manfaat di tempat-tempat seperti Inggris di mana ada lebih banyak curah hujan dan kondisi cuaca yang lebih keras.

4. Bagaimana Cara Memasang Lembaran Atap Garasi?

Lembar atap sering dipilih untuk garasi karena kemudahan pemasangan. Sangat penting untuk mengikuti panduan pemasangan pabrik, karena ini akan memastikan atap Anda sekuat mungkin dan tidak membatalkan garansi Anda.

Potong lembaran sesuai ukuran

Ada opsi potong menurut ukuran yang tersedia, tetapi jika lembaran Anda perlu dipotong, kami sarankan melakukan itu sebelum memulai proses pemasangan. Selain itu, jika lembaran atap garasi Anda tidak memiliki lubang yang telah dibor sebelumnya, kami sarankan untuk membuat lubang di dalamnya sebelum dipasang.

Letakkan lembaran atap

Langkah selanjutnya adalah mulai meletakkan lembaran atap di atas bangunan. Pastikan mereka ditempatkan langsung ke purlins yang melekat pada rangka atap. Penting untuk mulai meletakkan lembaran di ujung atap yang berlawanan dengan angin yang ada untuk mencegah putaran samping menghadap ke angin, yang dapat menyebabkan masuknya air dan masuknya air.

Saat meletakkan lembaran, jika bergelombang, biarkan minimal satu kerut, dan goyangkan lembaran, gunakan setengah lembar untuk memulai jalur kedua. Baris pertama lembar harus memanjang di atas purlin bawah untuk memungkinkan drainase air hujan.

Gunakan Lapping Tape di Sisi dan Ujung Pangkuan

Untuk memastikan setiap lap samping dan lap ujung tahan cuaca, disarankan untuk menggunakan lapping tape di bagian atas profil yang akan tumpang tindih. Untuk putaran samping, diperlukan satu strip, dan dua strip melintasi putaran ujung.

Perbaiki Lembaran Atap

Paku atau bor setiap lembar ke dalam purlins atau penghiasan di bawahnya, di setiap titik di mana lembaran tersebut tumpang tindih dan di bagian atas dan bawah lereng. Memperbaiki primer harus di lembah profil jika memungkinkan.

Saat memasang lembaran, Anda dapat menggunakan sekrup bor sendiri dengan pencuci dan bantalan neoprene untuk membuat segel lengkap, tetapi jenis sekrup atau paku tertentu yang diperlukan tergantung pada bahan lembaran atap garasi.

Pasang Nok dan Tepian

Setelah lembaran terpasang dengan benar, Anda dapat memasang nok bukit. Mulai dari ujung yang berlawanan dengan angin yang ada lagi dan memungkinkan tumpang tindih 125mm. Verges kemudian dapat dibuat dengan menggunakan potongan punggungan, atau sebagai alternatif memaku gelombang akhir di atas papan tongkang.

TINJAUAN IKHTISAR
rafi abadi
BAGIKAN