Apa saja jenis rangka atap dan kegunaannya untuk bangunan

Apa saja jenis rangka atap dan kegunaannya untuk bangunan
Apa saja jenis rangka atap dan kegunaannya untuk bangunan

Kegunaan rangka atap – Rangka atap adalah struktur prefabrikasi yang dirancang untuk menopang atap pada bangunan. Mereka datang dalam dua jenis utama: datar dan bernada. Jenis-jenis tersebut dapat dipecah menjadi jenis rangka atap yang lebih spesifik yang dapat sesuai dengan semua jenis proyek konstruksi.

Biasanya berbentuk segitiga, mereka dibuat dari situs dan biasanya diangkat ke tempatnya sebelum diamankan. ‘Truss’ mengacu pada konstruksi segitiga struktur. Struktur akan sering menyertakan bentuk segitiga ini dalam berbagai konfigurasi agar sesuai dengan pitch.

Ukuran atau desain atap. Segitiga adalah bentuk yang sangat efisien yang memungkinkan kontrol beban yang terbatas sehingga digunakan dalam konstruksi. Karena mereka harus menopang seluruh berat atap, mereka harus kuat dan stabil, yang paling pasti adalah segitiga.

Jenis-jenis umum dari Rangka Atap
Rangka atap terdiri dari beberapa elemen berbeda. Anggota rangka eksterior disebut akor dan struktur segitiga interior adalah jaring. Kedua elemen ini dapat diproduksi dalam berbagai bentuk dan ukuran tergantung pada persyaratan pekerjaan. Dalam rangka atap yang memilikinya, ada juga king post, dukungan vertikal untuk membantu menjaga integritas struktural.

Berikut adalah beberapa jenis rangka atap yang umum:

King post truss biasanya digunakan untuk bentang pendek. Mereka sering digunakan dalam ekstensi, garasi, beranda dan bangunan luar. Banyak bangunan tua yang terbuka, terlihat gulungan tiang raja.

Queen post truss biasanya tegak lurus vertikal dengan dua segitiga di kedua sisinya. Ini tidak umum digunakan lagi karena telah digantikan oleh rangka Fink.

Fink truss adalah jenis rangka atap yang sangat umum dengan bentuk ‘W’ di antara akord. Ini adalah bentuk yang sangat sederhana namun efisien dan dapat digunakan dalam semua jenis proyek.

Tiang profil lengkungan ganda digunakan untuk membuat titinada atap yang berbeda, seringkali pada bangunan komersial tetapi di beberapa rumah juga.

Truss mono pitch memiliki kasau tunggal dan merupakan truss sudut kanan yang digunakan untuk membentuk atap lean-to atau atap bernada tunggal.

Scussor truss juga digunakan untuk membuat langit-langit berkubah atau bentuk langit-langit yang lebih menarik.

Russed tie trusses digunakan untuk membuat langit-langit berkubah. Akord bawah dinaikkan untuk membuat profil yang lebih rata untuk langit-langit yang lebih tinggi dengan tepi miring.

Jika anda binggung dengan model atap yang cocok buat rumah anda silahkan konsultasi ke Rafi Abadi atau bisa menghubungi 0852 3439 8982/ 0852 3439 8989 .

TINJAUAN IKHTISAR
RAFI ABADI
BAGIKAN